Cerita di balik Kuliah Kerja Profesi (KKP)



Tanggal 27 Juni 2011, saya bersama dengan 95 teman saya dari Institut Pertanian Bogor Jurusan Ekonomi Sumberdaya dan Lingkungan mendapatkan kesempatan kuliah kerja profesi (kkp) di Kabupaten Cianjur lebih tepatnya di Cianjur Selatan. Kami di bagi kedalam 18 kelompok dimana setiap kelompoknya terdiri atas 6 orang. Kkp kali ini ditempatkan di 3 Kecamatan yakni Kecamatan Pagelaran, Kecamatan Tanggeung, dan Kecamatan Cibinong. Kami berangkat pukul 6 pagi dari Kampus IPB dengan menggunakan bus.
Lamanya perjalanan selama 10 jam dan dengan banyak kejadian yang menarik. Jalan di Cianjur Selatan ternyata tidak bagus alias rusak jalannya berbatu dan berliku-liku. Tidak ayal bus yang kami tumpangipun sedikit bermasalah mesinnya dipertengahan jalan.
Saya mendapatkan tempat di Desa Sindang Kerta, Kecamatan Pagelaran. Jarak dari Kabupaten Cianjur ke desa ini sekitar 2 jam dengan menggunakan mobil, jadi bisa dibayangkan yah,,hehe. Desa Sindang Kerta masih asri, didepan rumah yang sekarng saya tinggali saja terdapat kebun teh yang indah. Wah pokoknya masih bagus banget deh. Namun jarak antar dusun di desa ini sangat jauh jadi mesti memiliki stamina lebih atau naik ojek untuk menempuhnya,,hehe.
Desa Sindang Kerta memiliki tanah yang subur dan lahan pertanian terutama persawahan yang masih sangat luas atau bisa saya katakan sejauh mata memandang maka anda akan melihat hamparan yang luas. Di Desa ini saya tinggal dirumah Bapak Engkos Koeswara yang merupakan ketua Gabungan Kelompok Tani. Pak Engkos orangnya baik begitu pula istrinya. Udara di desa ini masih sangat sejuk dan dingin jadi pada saat tidur harus menggunakan selimut agar tidak masuk angin. Saya senang tinggal disini karena pemandangan indah dan masyarakatnya baik-baik. sekian cerita saya untuk kali ini jadi tunggu cerita saya berikutnya yah. God bless..

Comments

Popular posts from this blog

Traditional Musical Instruments In Aceh Part 1

Biography of Abu Abdullah Al-Battani